Karlo Logo

HOME

/

KARLOARTICLE

/

Tol Langit Palapa Ring Dukung Internet Cepat di Seluruh Penjuru Indonesia

newsimg
KARLOARTICLE | 20 Jul 2020

Tol Langit Palapa Ring Dukung Internet Cepat di Seluruh Penjuru Indonesia


Terinspirasi oleh sumpah Palapa yang disampaikan oleh Patih Gajah Mada, pemerintah Indonesia menggunakan nama tersebut untuk proyek menyatukan nusantara dengan jaringan internet. Proyek Palapa Ring adalah pembangunan jaringan serat optik pita lebar sepanjang 36.000 km yang mengitari pulau besar di Indonesia baik lewat dasar laut maupun lewat daratan. Jaringan ini bertujuan agar jaringan internet dapat menjangkau seluruh 514 kabupaten/kota di Indonesia secara merata dan berkualitas.

Nilai investasi proyek ini bernilai 7,7 Triliun Rupiah dan terdiri dari tiga paket, yaitu Palapa Ring Paket Barat, Tengah dan Timur. Paket Barat dan Tengah telah diluncurkan pada tanggal 20 Maret 2019. Peluncuran Paket Timur menyusul di tanggal 14 Oktober 2019 (kppi.go.id).

Fondasi infrastruktur digital ini kemudian akan digunakan oleh penyedia internet untuk memperluas jangkauan internet ke daerah yang selama ini belum terjangkau. Dengan demikian, 100 juta warga Indonesia lainnya dapat bergabung ke dalam era digital 4.0.

Selama ini pelaku logistik mengeluhkan kurangnya informasi tentang lokasi distribusi yang jauh dari kota besar. Banyak faktor tidak dapat diketahui di awal, seperti hambatan yang akan ditemui di perjalanan, titik dari lokasi yang dimaksud, dan apakah lokasi tersebut memadahi untuk proses pembongkaran, Dalam beberapa kasus, bahkan penerima barang susah untuk dihubungi melalui telepon karena sinyal seluler pun tidak tersedia. Untuk truk telah dilengkapi dengan perangkat GPS, pelaku logistik mengeluhkan banyaknya area blind spot, termasuk di pulau Jawa. Di area ini, posisi truk seolah-olah hilang karena daerah yang sedang dilalui tidak memiliki jaringan internet.

Pembangunan Palapa Ring akan berpengaruh signifikan bagi industri logistik. Proses distribusi yang dilakukan dari atau menuju daerah yang terpencil akan dapat dilakukan secara terintegrasi. Tidak akan lagi ada blind spot dalam proses logistik. Semua proses akan dapat terpantau sepanjang waktu. Dalam jangka panjang, meluasnya akses internet juga membuka peluang aktivitas usaha di daerah seluruh penjuru Indonesia sehingga pemerataan kesejahteraan ekonomi dapat tercapai.
top