Karlo Logo

HOME

/

KARLOARTICLE

/

SOLUSI TMS KARLO untuk Mengurangi Antrian Truk

newsimg
KARLOARTICLE | 30 Nov 2023

SOLUSI TMS KARLO untuk Mengurangi Antrian Truk


Meet Our Client

Klien kami merupakan salah satu produsen besi baja terbesar di Indonesia, dan juga merupakan pemain kunci di kawasan Asia Tenggara. Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun di industri baja, klien kami telah menetapkan standar tinggi dalam produksi material konstruksi. Setiap tahunnya, mereka berhasil mencapai kapasitas produksi sebesar 3,15 ton, melibatkan lebih dari 3000 karyawan yang berdedikasi. Sebagai inovator di industri ini, klien kami terus mengembangkan dan meluncurkan produk-produk unggulan.

Challenge

Klien kami memiliki kebutuhan truk yang banyak untuk mengangkut volume muatan yang fluktuatif setiap harinya. Sebuah lahan parkir truk disediakan oleh klien kami untuk menjadi buffer area atas kebutuhan truk. Alih-alih menjadi solusi, lahan parkir truk menyebabkan masalah ketika terlalu banyak truk masuk di dalam area dan menyebabkan lahan parkir yang terbatas menjadi penuh dan tidak teratur. Akibatnya, terkadang truk harus diparkir di luar area yang ditentukan, sehingga mengganggu lalu lintas di area industri dan menciptakan ketidak nyamanan. Lahan parkir klien kami ini juga dimanfaatkan oleh truk-truk luar tidak yang berkepentingan untuk digunakan sebagai lahan parkir gratis. Masalah lain yang dihadapi adalah pembatasan jumlah driver yang beristirahat, terutama selama masa pandemi COVID-19. Selain itu, kebutuhan truk yang tidak dapat diprediksi menyebabkan vendor mengeluhkan lamanya waktu antrian untuk mendapatkan penugasan. Banyak vendor harus mengantri selama 3-5 hari sebelum truk mereka mendapatkan penugasan. Selain merugikan secara operasional, hal ini juga berimbas pada biaya tidak produktif yang dibebankan kepada klien kami.

Solution:

Klien kami telah sukses mengintegrasikan solusi K-Shipper dalam perencanaan kebutuhan truk dan manajemen pesanan mereka. Prosesnya dimulai dengan pengajuan kebutuhan truk H-1 kepada vendor, yang selanjutnya mengirimkan truk ke lokasi antrian parkir sesuai dengan permintaan tersebut. Untuk memastikan ketertiban dan efisiensi, driver menggunakan aplikasi K-Trip sebagai alat untuk menerima dan mengkonfirmasi penugasan (DO). Setelah menerima penugasan, data nomor polisi truk secara otomatis tercatat dalam sistem gate area parkir. Hal ini memastikan bahwa hanya truk yang telah ditugaskan secara resmi yang diizinkan untuk memasuki area parkir, menciptakan pengelolaan parkir yang lebih terstruktur dan terkendali. Dengan adanya integrasi ini, seluruh proses, mulai dari perencanaan kebutuhan truk hingga manajemen pesanan dan kontrol akses area parkir, menjadi lebih terotomatisasi dan efisien. Ini membantu klien kami meningkatkan kedisiplinan dalam rantai distribusi dan memastikan bahwa setiap langkah dalam proses logistik berjalan dengan lancar, mengoptimalkan kinerja keseluruhan sistem pengiriman barang mereka.

Result:

Klien kami merasakan sejumlah keuntungan yang signifikan setelah mengimplementasikan solusi dari Karlo. Keuntungan pertama yang sangat terasa adalah peningkatan pemenuhan atas kebutuhan truk yang diperlukan untuk mengangkut barang setiap harinya. Dengan manajemen yang lebih efektif, klien kami dapat memastikan ketersediaan truk sesuai dengan kebutuhan distribusi mereka. Keuntungan kedua adalah kemampuan untuk mengatur keluar masuknya truk di lahan parkir. Hal ini menciptakan ketertiban di area industri, mencegah gangguan terhadap lalu lintas, dan mengurangi parkir sembarangan truk dari pihak luar yang sering kali dilakukan secara gratis. Dengan demikian, area parkir menjadi lebih terorganisir dan lebih efisien. Selain itu, keuntungan lainnya terletak pada peningkatan efisiensi waktu. Sebelum menggunakan solusi dari Karlo, proses pengiriman seringkali memakan waktu 4-5 hari sebelum truk dapat berangkat dengan muatan. Namun, berkat solusi yang diberikan oleh Karlo, klien kami kini hanya memerlukan waktu singkat, yaitu hanya 12 jam, untuk mengatur dan mengirimkan muatan truk. Ini tidak hanya mengakselerasi proses pengiriman, tetapi juga mengoptimalkan penggunaan waktu dan sumber daya perusahaan. Biaya angkut juga dapat ditekan secara signifikan karena meningkatnya produktivitas truk vendor.

Punya challenge yang mirip dengan klien kami? Bisa kontak konsultan karlo di…
top