Karlo Logo

HOME

/

KARLOARTICLE

/

SOLUSI TMS KARLO untuk Efisiensi Koordinasi Driver

newsimg
KARLOARTICLE | 22 Nov 2023

SOLUSI TMS KARLO untuk Efisiensi Koordinasi Driver


Meet Our Client

Klien kami merupakan salah satu perusahaan armada truk terbesar yang ada di pulau jawa, yang sudah berdiri lebih dari 70 tahun lamanya, memiliki lebih dari 10 kantor cabang tersebar di kota-kota industri di pulau Jawa. Saat ini mengoperasikan banyak unit beberapa tipe truk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan kapasitas 15-60 ton per truknya. Karyawan yang dimiliki sudah lebih dari 600 karyawan. Ribuan customer sudah menggunakan jasa klien kami, kebanyakan berasal dari industri berat untuk muatan baja, beton, pupuk kimia, material bangunan dan masih banyak lainnya.

Challenge

Dengan banyaknya armada yang dimiliki dan pengiriman yang harus dilakukan, lebih dari 400 driver wajib diberangkatkan setiap harinya. Setiap driver harus bertemu dengan satu karyawan kantor sebagai utusan dari kantor untuk memberikan surat penugasan. Hal ini memakan banyak waktu dan tenaga, karena seorang karyawan dari kantor cabang harus melakukan perjalanan ke lokasi driver untuk memberikan surat penugasannya. Kendala ini terjadi karena semua driver tersebar di berbagai penjuru daerah di pulau Jawa, maka dari itu tidak memungkinkan untuk kembali ke pool armada untuk memberikan surat penugasan. Hal ini membuat proses kerja klien kami menjadi tidak efisien.

Penghematan transportasi oleh staff kantor dapat dilakukan apabila ada customer yang memiliki frekuensi pemesanan yang tinggi, maka perusahaan klien kami dapat menyediakan satu karyawan yang dedicated untuk bertugas di lokasi muat customer. Selain tidak efektif dalam segi penyediaan human resource, pemberian tugas secara manual ini memiliki resiko terjadinya fraud karena ada celah timbulnya preferensi driver pada setiap pembagian tugas, karena faktor subjektivitas dapat muncul apabila hal ini dilakukan tidak sesuai dengan arahan perusahaan. .

Solution

Perusahaan klien kami berkeinginan mengubah cara koordinasi dengan driver yang awalnya menggunakan sistem desentralisasi menjadi sistem sentralisasi. Dengan sistem sentralisasi, tim planner di kantor pusat mendapatkan semua data permintaan truk dari customer dan semua data truk yang tersedia, yang kemudian diolah untuk melakukan pertimbangan dan keputusan untuk penugasan driver. Aplikasi K-Fleet digunakan oleh tim planner di kantor pusat. Driver atau supir menerima penugasan mereka pada aplikasi android dari KARLO, yaitu K-Trip. Aplikasi ini memberikan data kepada driver tentang lokasi muat dan tujuan pengiriman, jenis muatan yang akan diangkut, serta kontak dari penanggung jawab gudang

Result:

Keuntungan pertama yang didapat oleh klien kami adalah efisiensi proses kerja dan SDM. Perusahaan dapat mengurangi jumlah tenaga kerja dari yang awal mula 80 orang menjadi 8 orang setiap shiftnya. Keuntungan kedua, klien kami hanya dapat memberangkatkan driver sesuai jam kerja operasional 8 jam per hari, tetapi sekarang dapat memberangkatkan sepanjang waktu dalam 24 jam, termasuk dihari Sabtu dan Minggu dengan jumlah SDM yang masih tergolong lebih sedikit dari pada sebelumnya. Keuntungan ketiga yaitu klien kami dapat memperluas sebaran pasar/market di berbagai pulau seperti Sumatra maupun pulau besar lainnya tanpa harus menambah jumlah staff di lokasi pasar yang baru. Kendali tetap dilakukan dari kantor pusat. Keuntungan keempat yaitu klien kami dapat mengurangi resiko fraud karena pembagian tugas dapat terdokumentasi dengan lengkap dan dilakukan secara acak, tidak dilakukan hanya oleh 1 orang secara berulang.

Dapat disimpulkan bahwa Karlo.id membantu memangkas biaya melalui efisiensi SDM dan memfasilitasi perluasan daerah operasional ke Sumatra. Selain itu, aplikasi yang digunakan juga mampu mempercepat proses logistik. Dengan KARLO, semua armada truk menyambut masa depan dengan inovasi dan pertumbuhan yang menguntungkan dan berkelanjutan

Apakah Anda memiliki tantangan yang mirip dengan klien kami? Anda dapat menghubungi konsultan kami di nomor 0813-8828-1166.
top