Karlo Logo

HOME

/

KARLOARTICLE

/

Pengertian, Komponen dan Peranan Logistik

newsimg
KARLOARTICLE | 17 Nov 2023

Pengertian, Komponen dan Peranan Logistik


Pengertian Logistik

Logistik adalah segala sesuatu rangkaian upaya yang sudah mencakup efektivitas  dari perencanaan, implementasi, sampai pengawasan atas semua proses perpindahan produk barang maupun jasa, energi atau pun sumber daya lainnya, dari mulai titik awal hingga titik pengguna.
Seluruh semua aktivitas logistik dilakukan guna mencapai tujuan utama, yaitu memastikan ketersedian barang dan pengiriman barang tepat waktu ke lokasi tujuan. Kadang-kadang rangkaian logistik yang harus dilakukan perusahaan yaitu pengadaan barang, kegiatan produksi, dan distribusi.
Pada prosesnya, aktivitas logistik mempunyai standar yang harus diraih. Salah satu tingkatan kinerja yang harus diraih yaitu lahirnya keseimbangan antara kualitas pelayanan yang diinginkan oleh pelanggan dengan seluruh biaya yang dikeluarkan demi menggapai tujuan akhir perusahaan.

Komponen Penting Logistik

Lokasi Fasilitas Logistik
Lokasi fasilitas merupakan komponen yang harus dan wajib dimiliki suatu perusahaan logistik. Tujuannya yaitu untuk merencanakan dari mana dan kemana material dan barang akan diangkut. Sebagaimana mestinya pelayanan yang baik kepada pelanggan yang memiliki hubungan langsung dengan produk, maka perusahaan harus menyediakan fasilitas lain yang mencakup pabrik, gudang dan lain-lain. Ketika serangkaian struktur lokasi dapat diatur dengan baik dan strategis, maka perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan yang baik. Pihak manajemen perusahaan pastinya mengharapkan tingkat efisiensi dalam sistem manajemen logistik.
Transportasi
Transportasi merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam sistem logistik. Biasanya pada suatu perusahaan memiliki beberapa alternatif untuk mendukung alat transportasinya, yaitu :
  • Armada kendaraan yang dapat dibeli ataupun sewa.
  • Menggunakan jasa spesialis transportasi dengan menghubunginya langsung agar memperoleh kontrak jasa pengangkutan.
  • Menggunakan jasa dari perusahaan transportasi yang sudah mempunyai izin yang menawarkan jasa pengangkutan dari tempat satu ke tempat lain dengan biasa yang sudah disepakati.
  • Ketika merancang suatu sistem logistik, disarankan untuk memperhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan transportasi, yaitu biaya, kecepatan dan juga konsistensi pengiriman.
Manajemen Pengadaan Persediaan
Manajemen pengadaan persedian dalam sistem logistik merupakan bagian dari perusahaan yang memiliki peranan penting dalam mengatur tingkat persedian barang. Perusahaan haruslah mampu mengelola dan mengatur cara dalam mendapatkan persediaan, proses penyimpanan, hingga persedian tersebut yang dapat dikeluarkan atau dimanfaatkan.
Komunikasi
Komunikasi merupakan aktivitas untuk saling berbagi informasi pada seluruh kegiatan logistik. Komunikasi yang buruk dalam sistem logistik dapat menimbulkan masalah yang serius. Salah satunya dampak yaitu jika penilaian tren dari laju logistik akan menjadi keliru. Bila hal ini terjadi, maka arus logistik akan melahirkan kekurangan persedian barang, ataupun melahirkan komitmen yang berlebihan antara pihak perusahaan dengan pihak pemasok, dan pihak pelanggannya. Dampak lainnya yaitu komunikasi yang buruk bisa melahirkan gangguan prestasi sistem yang berimbas pada ketidakstabilan karena proses evaluasi yang kurang atau berlebih.
Penyimpanan
Penyimpanan mencakup dari semua aspek operasional logistik, seperti pengepakan, pergerakan, dan pengemasan. Semua aspek tersebut berkaitannya dengan arus persediaan yang berguna untuk memenuhi kebutuhan atas suatu produk atau pun materialnya.

Peranan logistik Perusahaan

Berorientasi Pemasaran
Logistik sendiri memiliki peranan sangat penting dalam memuaskan pelanggan, maka dari itu tim logistik memiliki peran penting dalam upaya pemasaran. Selain itu juga, logistik memiliki kunci yang penting untuk mencapai keuntungan untuk perusahaan.
Memberikan Nilai Tambah
Pihak perusahaan harus tetap berusaha untuk meningkatkan kualitas produknya, sehingga mendapatkan konsumen yang setia pada produknya. Nah, dengan sistem logistik yang bagus akan mampu memberikan nilai tambah kepada konsumen dalam hal Utilitas Tempat dan Waktu.
Utilitas disini yaitu suatu nilai yang ditambahkan atau dibuat pada produk dengan membuat agar selalu tersedia untuk pembeli atau pelanggan. Sedangkan utilitas waktu yaitu suatu nilai yang diperoleh dengan membuat suatu produk yang dapat diterima dalam waktu yang tepat.
Perpindahan produk secara efisien
Sistem logistik yang baik mampu menciptakan proses suplai produk yang tepat, ditempat yang tepat, pada waktu yang tepat, serta dalam kondisi yang tepat dan tak lupa dengan biaya yang bersahabat agar pelanggan mendapatkan manfaat dari produk tersebut.

Rangkuman

Logistik adalah serangkaian upaya yang meliputi efektivitas perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap semua proses pemindahan barang, jasa, energi, atau sumber daya lainnya dari titik awal ke titik akhir. Tujuan utama dari kegiatan logistik adalah untuk memastikan ketersediaan barang dan pengiriman yang tepat waktu ke tempat tujuan. Kegiatan logistik harus memenuhi standar kinerja, termasuk menyeimbangkan antara kualitas layanan yang diinginkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Komponen penting dalam logistik meliputi lokasi fasilitas logistik, transportasi, manajemen pengadaan inventaris, komunikasi, dan penyimpanan. Logistik memainkan peran penting dalam memuaskan pelanggan dan menambah nilai produk, serta memindahkan produk secara efisien ke tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dan dalam kondisi yang tepat.
top