Karlo Logo

HOME

/

KARLOARTICLE

/

Pengertian, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan dari Saas

newsimg
KARLOARTICLE | 20 Dec 2023

Pengertian, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan dari Saas


Software as a service yang biasa disebut (Saas), merupakan hal yang asing bagi beberapa orang terutama bagi orang awam. Tanpa diketahui kita, teknologi ini sering digunakan untuk keperluan sehari-hari, sebagai contoh microsoft office atau lainnya. Saas adalah software yang dapat diakses atau digunakan tanpa membeli program, sistem atau pun hardwarenya.

Ketika dalam mengembangkan bisnis, saas adalah bagian yang tak terpisahkan. Saas berguna untuk meminimalisir biaya pemeliharaan dan perawatan perangkat. Lalu , Saas itu apa ? Terus apa sih kelebihan dan kekurangannya? Yuk simak artikel dibawah ini untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Saas Itu Apa Sih ?

Software as a Service yang bisa disingkat Saas adalah salah satu layanan berbasis cloud computing yang menyediakan software untuk pengguna online. Pada beberapa komunitas, Saas banyak dikenal banyak sebutannya seperti hosted software, on demand software atau web based software. Cara mengakses saas, hanya membutuhkan koneksi internet saja. Pada layanan ini dapat digunakan melalui web browser atau dapat juga diakses melewati aplikasi dengan tampilan browser. Pastinya, kamu membutuhkan authentication seperti username dan password, ini berguna untuk mengakses Saas karena yang dapat menggunakan hanya user yang telah terdaftar dalam layanan.
Kamu tak perlu repot-repot memikirkan cara untuk pengelolaan Saasnya. Penyedia layanan akan menangani dari mulai pengelolaan, lisensi, server hingga data penyimpanan. Dengan begitu, kamu sebagai pengguna bisa langsung menggunakan program lewat internet tanpa harus install sendiri.

Karakteristik Saas

  • Akses berbasis internet
Pada dasarnya, Saas dibuat untuk memberikan layanan secara online dengan perantara internet. Penggunaan infrastruktur cloud dibuat guna memungkinkan akses internet based. Maka dari itu, dibutuhkan kualitas internet sangat mempengaruhi pengalaman saat menggunakan aplikasi.
  • Dikelola Terpusat
Layanan ini berbeda dari jenis yang lain, Saas layanan ini sudah tersinkronisasi dan dikelola secara terpusat. Penyedia layanan ini memberikan seluruh infrastruktur agar sang pengguna dapat mengakses Saas secara mudah. Maka dari itu, pengguna tidak membutuhkan instalasi atau perangkat manual.
  • Penyimpanan Cloud
Saas ini menggunakan server utama untuk menyimpan data pengguna secara keseluruhan. Pada sistem ini memungkinkan pengguna dapat mengakses datanya dimana pun, juga kapanpun dan bahkan busa berbeda perangkat. Sehingga data sang pengguna dapat lebih mudah diakses serta meminimalisir risiko kehilangan data.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihannya
  • Hemat waktu: Biasanya Saas memberikan layanan berupa perangkat lunak. Semua proses pengelolaan dilakukan oleh penyedia layanan ataupun vendornya. Penghematan waktu ini biasanya dirasakan mulai dari proses instalasi, perawatan bahkan sampai perbaikan bila terjadi kerusakan.
  • Operasional biaya murah: Dengan menggunakan saas pengguna lebih menghemat biaya operasional seperti biaya untuk perawatan server. Kelebihan lainnya pengguna dapat memakai dan membayar layanan dalam waktu tertentu. Hal ini dapat jauh lebih hemat dibandingkan membeli software berlisensi.
  • Ramah tempat penyimpanan: Saas adalah layanan yang berbasis cloud, sehingga pengguna tidak membutuhkan tempat penyimpanan seperti database. Untuk masalah penyimpanan data beserta servernya sudah ditanggung oleh vendor.
  • Kemudahan untuk mengakses: saas merupakan software yang dapat diakses melalui situs web browser. Pengguna dapat mengakses saas kapanpun dan juga dimanapun secara mudah. Saas juga dapat memungkinkan pengguna mendapatkan akses di perangkat yang berbeda device.
  • Analisis data mudah: Saas memungkinkan pengguna mendapatkan analisis data secara mudah dan cepat. Data yang disajikan merupakan data secara real time, dimana akan memudahkan perusahaan dalam melakukan perencanaan.
Kekurangan
  • Risiko keamanan data: Pengguna database yang disimpan dalam cloud server dapat mudah diakses oleh siapapun selama memiliki otentikasi berupa username dan passwordnya. Jika sistem ini keamanannya lemah, tidak menutup kemungkinan data tersebut dapat diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, pilihlah penyedia layanan yang andal dan terpercaya.
top