Karlo Logo

HOME

/

KARLOARTICLE

/

Pengertian, Fungsi, Jenis dan Manfaat dari 3PL

newsimg
KARLOARTICLE | 07 Dec 2023

Pengertian, Fungsi, Jenis dan Manfaat dari 3PL


3PL atau biasa disebut juga Third Party Logistics sangat membantu pengiriman dari berbagai daerah pelosok untuk mengantarkan barang kiriman. Banyak pelaku usaha dalam bidang ekspedisi di indonesia berlomba-lomba untuk mendapatkan hati masyarakat agar menjadi ekspedisi terbaik. Dalam menghadapi tantangan kecepatan dan keterjangkauan daerah pada pengiriman ekspedisi, kolaborasi dengan pihak ketiga menjadi suatu kebutuhan yang mendasar. Bayangkan saja jika sebuah ekspedisi harus mengirimkan barang dari Jakarta ke Kalimantan dengan target pengiriman keesokan harinya. Bagaimana mungkin sistem pengiriman ini dapat berjalan dengan lancar, terutama menuju daerah-daerah terpencil? Inilah saatnya peran ekspedisi bekerjasama dengan pihak ketiga, yang biasa dikenal sebagai 3PL (Third-Party Logistics).

Pengertian

3PL merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang logistik orang ketiga yang membantu perusahaan manufaktur ataupun perusahaan berbagai industri yang memiliki tugas dalam supply chain management. 3PL sendiri adalah pihak yang membantu tugas pengiriman barang dari truk hingga kebutuhan gudang secara end to end. Tugas dari logistik itu sendiri suka memakan yang lama, memakan uang dan memakan sumber daya manusia untuk mengelola produk satu produk, namun dengan adanya 3PL tidak perlu memikirkan kebutuhan logistik maupun  penyimpanan barang, karena semua hal akan dibantu oleh 3PL.
Tidak semua perusahaan manufacturing yang membutuhkan partner untuk kebutuhan logistiknya, tapi masih ada beberapa perusahaan logistik ataupun ekspedisi masih tetap membutuhkan 3PL untuk menjangkau daerah terpencil dan juga dapat membantu untuk pengiriman yang melebihi kapasitas. Selain kelebihan tadi, perusahaan 3PL memiliki teknologi yang canggih untuk pengiriman barangnya, seperti live tracking dan juga mengadaptasi sistem digital secara transparan yang membantu jalannya pengiriman barang.

Fungsi

  • Penyimpanan unit perusahaan dengan aman
  • Pengemasan dan juga pengiriman barang sesuai tujuan
  • Melakukan retur terhadap barang yang rusak
  • Labeling
  • Bekerja sama untuk mendapatkan pelanggan
  • Management logistik
  • Memiliki sumber daya manusia (SDM)
  • Mudah bekerja sama dengan lembaga pemerintahan indonesia

Jenis 3PL pada Perusahaan Logistik

  • Service Developer
Jenis ini menawarkan pengguna pengguna layanan dengan layanan yang lebih kompleks seperti : tracking service, cross-docking, dan special case delivery.  Layanan ini biasanya sudah memiliki sistem IT yang solid dan fokus pada skala ekonomi dan memiliki ruang lingkup yang besar dari pada standard 3PL provider. Biasanya bagian ini bekerjasama untuk 3PL sendiri bukan perusahaan manufakturing sembarangan, karena hal ini dibutuhkan keahlian khusus dibidang logistik agar pengiriman, pergudangan dan penjagaan khusus yang melayani perusahaan manufaktur dapat bekerja dengan baik.
  • Customer Developer
Jenis ini adalah tingkatan tertinggi dari penyedia 3PL. Penyedia ini biasanya sudah terintegrasi dengan si pengguna jasa 3PL dan biasanya mengambil alih seluruh fungsi logistik mereka. 3PL ini memiliki beberapa pengguna dan melakukan fungsi logistik yang terperinci bagi penggunanya. Pada kontraknya 3PL akan memegang satu kontrak dengan pelanggannya. Setelah itu jasa ini akan sourcing kontrak kepada beberapa vendor  yang ada dalam network mereka. Pada biasanya layanan ini, perusahaan manufaktur sendiri memberikan semua tanggung jawab penuh kepada pihak 3PL untuk mengurusi segala yang berurusan dengan logistik. Daripada melibatkan diri dalam pembangunan bagian logistik yang memakan waktu, biaya, ruang, dan sumber daya, lebih bijak bagi perusahaan untuk mengandalkan layanan Third-Party Logistics (3PL) sebagai mitra mereka dalam menjalankan fungsi logistik.
  • Customer Adapter
Jenis ini mengerjakan service mereka berdasarkan permintaan si pengguna 3PL dan mereka akan mengambil alih kontrol sebagian kegiatan logistik perusahaan yang menggunakan jasanya. Layanan ini dapat meningkatkan kinerja logistik secara dramatis, tetapi sayangnya tidak mengembangkan layanan baru. Pada biasanya jumlah pengguna layanan jenis ini biasanya cukup kecil. Salah satu contohnya  seperti shopee Express yang melakukan partner dengan sicepat dalam pengiriman barang yang tidak dapat terjangkau oleh shopee express.  Kasus ini sendiri shopee meminta bantuan dengan menggunakan layanan customer adapter sebagai partner pengiriman barang untuk pengiriman diluar jangkauan mereka, sehingga sicepat dapat membantu pengiriman agar tidak terbatas.

Manfaat Menggunakan 3PL

  • Menghemat Uang
Ketika menggunakan 3PL dapat menghemat pengeluaran. Pada bagian logistik sendiri harus memiliki penyimpanan (storage), pengiriman (shipping), perangkat lunak manajemen inventaris (technologie logistics), transportasi darat dan sumber daya manusia. Jika ingin melengkapi hal itu harus memiliki dana yang cukup besar dan pembangunan dapat dibilang masif untuk mewujudkan logistik yang baik. Ketika membuat fungsi logistik sendiri pastinya akan fokusnya akan terbelah dan membuat penjualan, ataupun produksi akan terhambat. Karena itu 3PL membantu kekosongan logistik agar dapat berpengaruh dan dapat, menghambat uang dan lebih fokus terhadap penjualan, produksi, dan marketing.
  • Dapat Menghemat Waktu dan Memberikan Expertise Pengiriman Logistik.
3PL sudah memiliki pengalaman dengan label pengiriman, pengemasan yang tepat, beacukai dan peraturan tarif yang kompetitif. Banyak diluar sana beberapa 3PL mengurus penjualan yang dimulai dari pabrik, pengawasan hingga pengiriman ke tangan konsumen. Disini memiliki sumber daya manusia yang sudah berpengalaman dibidangnya daripada mencarinya terlebih dahulu. Ketika menggunakan 3PL akan membawa perusahaan ke tingkat yang lebih lanjut atau tinggi pada bidang logistik, sehingga penjualan akan lebih baik dengan management service yang unggul dibandingkan perusahaan manufaktur lainnya.
  • Dapat Membantu Transporter Menemukan Shipper
Umumnya permasalahan orang indonesia adalah mencari seorang pengirim yang ingin mengirim barang dengan muatan besar maupun sedang. Dibalik itu, pengirim juga sebenernya mencari jasa pengiriman (transporter) yang dapat mengirimkan barang ke tujuan yang diminta. Perusahaan logistik 3PL sendiri menjadi media yang mempertemukan kedua belah pihak. Dengan itu pengiriman dapat dilakukan dengan mudah, dan untuk transporternya sendiri mendapatkan keuntungan untuk mendapatkan muatan setiap harinya. Tidak hanya itu, namun biasanya 3PL dibidang ini juga menawarkan pendanaan dan juga fitur layanan yang terintegrasi dengan aplikasi, sehingga pengiriman dapat dilakukan dengan cepat hanya melalui smartphone saja.
top