Karlo Logo

HOME

/

KARLOARTICLE

/

GPS Tracker: Pengertian dan, Manfaatnya

newsimg
KARLOARTICLE | 18 Oct 2023

GPS Tracker: Pengertian dan, Manfaatnya



Pada dunia logistik sudah familiar dengan istilah GPS. Global Positioning system yang disingkat GPS merupakan sistem navigasi dengan bantuan satelit berguna untuk menyediakan data berupa lokasi, kecepatan dan waktu, sistem ini saling tersinkronisasi baik berupa perjalanan darat, laut dan udara. Lalu apa sih manfaatnya GPS? Singkatnya fungsi GPS adalah sebagai kompas digital moderen untuk mengetahui secara spesifik seperti rute, lokasi hingga waktu tempuh. Salah satu contoh yang sering digunakan dalam sehari-hari yaitu menggunakan google maps; aplikasi menggunakan navigasi dengan teknologi GPS dan koneksi internet untuk membantu pengemudi mendapatkan rute terbaik dan estimasi jarak tempuh ke tempat tujuan.

GPS Tracker itu Apa ?

GPS Tracker merupakan software/aplikasi yang bisa digunakan melalui laptop atau ponsel guna melacak keberadaan kendaraan tertentu yang sudah dipasangkan GPS sebelumnya. GPS Tracker ini harus dimiliki terutama pengusaha bidang logistik seperti karlo.id, karena sangat beresiko terjadi penggelapan barang dan pencurian kendaran. Dengan menggunakan GPS Tracker, truck Anda lebih mudah dilacak dan diketahui lokasi keberadaannya sesuai posisi GPS kendaraan tersebut.

Manfaat GPS Tracker

  • Optimalkan Rute
Sistem ini dapat mengoptimalkan rute armada truck. Sistem ini dapat dengan mudah menemukan driver kita dan dapat juga menentukan yang paling dekat dengan pekerjaan tertentu. Dengan ini dapat mengirim pengemudi terdekat dan mengubah rutte sisa kendaraan bila diperlukan. Ini dapat menghemat waktu waktu dan biaya, sekaligus membuat customer senang.
  • Mengurangi Biaya Operasional
Tidak apa-apa mengurangi biaya bahan bakar dengan mengirimkan pengemudi ke rute yang lebih dekat atau membuat keputusan pengiriman yang lebih baik, perangkat GPS Tracker dapat membantu membuat keputusan dengan hemat biaya berdasarkan data real-time. Dengan pelacakan GPS memberikan lebih banyak data terkait armada, sehingga keputusan lebih baik dan memberikan keuntungan bagi bisnis anda.
  • Mengurangi Biaya dan Pemakaian Bahan Bakar
Menggunakan GPS tracker pada mengirimkan barang dapat menghemat bahan bakar, menghemat waktu, dan mengurangi emisi. Sebagai contoh menggunakan GPS tracker untuk memantau kecepatan berlebih atau pun kemalasan yang berlebihan, pemborosan bahan bakar. Armada dapat melatih pengemudi untuk mengemudi yang lebih baik guna menghemat bahan bakar.
  • Mengurangi Lembur dan Penipuan Timesheet
Dengan mengatur manajemen perjalanan dan catatan waktu elektronik yang baik, Anda dapat mengurangi waktu lembur di semua armada. Anda dapat mengalokasikan sumber daya dengan lebih baik berdasarkan pembaharuan waktu, agar truk tidak menempuh lebih lama dan pengemudi tidak menghabiskan waktu lebih banyak dijalan. Pada lapangannya sering terjadi penipuan absen ketika pengemudi ketika pengemudi dibayar untuk pekerjaan yang tidak mereka lakukan atau untuk waktu yang dihabiskan untuk non-kerja. Terkadang kurang baiknya pengemudi mencatat lebih banyak jam kerja daripada apa yang mereka kerjakan, mengedit jam pengemudi mereka secara retroaktif atau mencatat jam reguler sebagai lembur. Dengan sistem ini menggunakan GPS, pengkajian dan penagihan lebih akurat.
  • Meningkatkan Pemanfaatan Aset
GPS memberikan wawasan tentang waktu keberangkatan dan kedatangan secara asli, durasi waktu berhenti, waktu perjalanan dari tempat satu ketempat lain, dan kapan mengemudi tidak aktif. Ini dapat membantu mengetahui jika pengemudi tidak bekerja walau mereka memiliki waktu luang dan dapat mengambil keputusan berdasarkan waktu untuk meningkatkan pengguna semua armada.
  • Validasi Pekerjaan Selesai
Suka terjadi customer mungkin mempertanyakan untuk apa kita menagih mereka, seperti apa seorang pengemudi menangani pekerjaan mereka dan berapa jam yang dihabiskan untuk itu. GPS tracking mencatat dimana pengemudi berada, dan menunjukan kepada customer mereka bekerja berjam-jam di fakturnya. Dengan menampilkan bukti elektronik kepada customer dapat membangun loyalitas, kepercayaan dan dapat meningkatkan layanan pelanggan.
  • Meningkatkan Keamanan Armada
Pelacakan armada dengan menggunakan GPS dapat memberi tahu jika pengemudi dengan laju kencang, berhenti diluar jadwalnya, suka ngerem mendadak atau pun lainnya. Tindakan ini dapat membuat bahan bakar menjadi boros dan berbahaya bagi keselamatan. Dengan memantau kejadian ini, anda dapat membantu pengemudi mengembangkan kebiasaan agar lebih baik dan aman.
  • Pelanggan Lebih Bahagia
Pelacakan GPS memberitahu customer lokasi yang tepat dari kendaraan armada dan mengirimkan barang jauh lebih efisien, customer menjadi bahagia. Anda dapat memberikan estimasi kedatangan waktunya yang akurat, sehingga mereka akan tahu harus menunggu pengiriman.

Kesimpulan

Pada dunia logistik sudah familiar dengan istilah GPS. Global Positioning system yang disingkat GPS merupakan sistem navigasi dengan bantuan satelit berguna untuk menyediakan data berupa lokasi, kecepatan dan waktu. Sistem ini saling tersinkronisasi baik berupa perjalanan darat, laut dan udara. Fungsi GPS adalah sebagai kompas digital moderen untuk mengetahui secara spesifik seperti rute, lokasi hingga waktu tempuh. Salah satu contoh yang sering digunakan dalam sehari- hari yaitu menggunakan google maps aplikasi menggunakan navigasi dengan teknologi GPS dan koneksi internet untuk membantu pengemudi mendapatkan rute terbaik dan estimasi jarak tempuh ke tempat tujuan. GPS Tracker merupakan software aplikasi yang bisa digunakan melalui laptop atau ponsel guna melacak keberadaan kendaraan tertentu yang sudah dipasangkan GPS sebelumnya. GPS Tracker ini harus dimiliki terutama pengusaha bidang logistik karena sangat beresiko terjadi penggelapan barang dan pencurian kendaran. Dengan menggunakan GPS Tracker, truck Anda lebih mudah dilacak dan diketahui lokasi keberadaannya sesuai posisi GPS kendaraan tersebut. Manfaat GPS Tracker Optimalkan rute line truck. Sistem ini dapat dengan mudah menemukan automobilist kita dan dapat juga menentukan yang fading dekat dengan pekerjaan tertentu.

Ayok Gabung Karlo.id Lacak armada Anda
Karlo.id kami penyedia aplikasi manajemen armada yang menawarkan berbagai macam fitur yang menarik seperti live tracking, route replay, geofencing dan masih banyak lagi lainnya sehingga mengemudi dan kendaraan anda terpantau.

top