Karlo Logo

HOME

/

KARLOARTICLE

/

Geofensing Armada :Pengertian, Peranan dan Penerapannya.

newsimg
KARLOARTICLE | 27 Oct 2023

Geofensing Armada :Pengertian, Peranan dan Penerapannya.


Pada dunia logistik, armada truk merupakan hal paling penting agar bisnis dapat berkembang. Manajemen armada adalah suatu yang sangat penting yang harus dioptimalkan. Salah satu metode yang dapat dilakukan manajemen armada adalah menggunakan sistem geofencing yang didapatkan pada aplikasi Karlo.

Apa Itu Geofencing

Geofencing merupakan fitur yang sangat berharga sebagai pengolahan lanjutan dari data lokasi dari armada truk yang didapatkan dari GPS tracker.Secara singkatnya, geofencing seperti membuat pagar virtual untuk armada Anda. sistem ini akan membuat pagar virtual pada peta, lalu menetapkan titik batas di sekitar daerah tertentu. Walaupun pagar virtual ini tidak dapat benar-benar menghentikan kendaraan fisik, namun ada beberapa yang dapat dilakukan. Anda dapat melacak dan melakukan peristiwa di sekitarnya seperti notifikasi push seluler, memicu peringatan, memudahkan pelacakan kendaraan armada, waktu masuk & keluar, perilaku pengemudi dan masih banyak lainnya pada daerah geofencing.

Peranan Geofencing untuk Manajemen Armada

Dengan menggunakan geofencing yang berbasis GPS dapat memberikan banyak keuntungan signifikan dibandingkan kompetitor dengan memberikan transparansi kepada manajer armada, efisiensi operasional, dan dapat meningkatkan keamanan ketika pengiriman barang.
Peranan ketika memanfaatkan geofencing :
  • Fitur Otomatis
Sistem ini dibuat otomatis untuk membuat area dengan radius 2 km dari titik muat & titik bongkar. Shipper otomatis mengetahui lokasi keadaan truk dari titik muat ke tiitk bongkar muat. Tidak perlu menelpon vendor lagi, langsung mendapatkan kepastian truknya.
Driver truk tidak perlu lagi menunggu bongkar muat hingga selesai untuk mendapatkan DO baru, dengan adanya ini dapat diantisipasi pemberian muatan baru. Setelah truk masuk lokasi bongkar muat, sistem dapat memperkirakan estimasi waktu untuk bongkar muat dan dapat memberikan arahan berikutnya.
  • Menghindari Pencurian Kendaraan Armada
Dengan adanya notifikasi otomatis yang diberikan geofencing, maka Anda akan mengetahui apabila ada kendaraan yang meninggalkan daerah yang sudah ditentukan. Jika, kendaraan tiba-tiba keluar dari area tersebut, maka Anda dapat menyelidiki penyebabnya, apakah telah terjadi kecurian atau hal lainnya, sehingga dapat diantisipasi segera mungkin.
  • Menjaga Kendaraan Armada Sesuai dengan Perimeter yang Telah Ditentukan.
Geofencing ini dapat membantu mengendalikan armada tetap pada jalurnya dan perimeter yang sudah ditetapkan. Sebab sistem ini dapat memberitahu apabila kendaraan masuk atau pergi dari kawasan tertentu. Maka dari itu, ini dapat memudahkan dalam memastikan akuntabilitas pengemudi dan juga dapat memastikan pekerjaan pengemudi apakah sesuai jadwal atau tidak.
  • Customer Lebih Percaya dalam Pengiriman Barang.
Dengan semua bantuan informasi yang diberikan geofencing, Anda dapat menawarkan kepercayaan kepada klien yang mempercayakan pengiriman barang. Pelacakan kendaraan yang mudah, dapat membuat klien lebih percaya bahwa pengirimannya sudah ditangan yang tepat.
  • Mengurangi Penggunaan Kendaraan diluar Jam Kerja
Pada lapangannya beberapa perusahaan dapat mengizinkan driver mereka menggunakan kendaraan perusahaan untuk keperluan pribadi, tapi beberapa juga yang tidak. Jika tidak, maka akan sulit untuk memantau penggunaan setelah jam kerja tersebut kecuali bila Anda menggunakan geofencing.
Ketika melakukan geofencing pada wilayah pengemudi, maka akan mendapatkan peringatan tentang kapan, dan dimana mereka meninggalkan area tersebut. Maka Dari itu memberitahu tentang penggunaan armada yang tidak tepat dan berapa lama atau jauh mereka pergi.
  • Keamanan yang Lebih Baik untuk Pengemudi.
Keselamatan driver atau pengemudi merupakan tujuan nomor satu bagi perusahaan logistik. Sistem geofencing sangat ideal untuk membantu tetap terhubung dan memberikan bantuan secara instan untuk pengemudi bila dalam masalah. Sudah hal yang biasa ditemui pengemudi armada truk berada di jalan berjam-jam dan ribuan mill setiap bulannya. Hal ini dapat memungkinkan risiko kecelakaan, pembajakan mobil dan juga kerusakan yang tinggi.

Maka itu, geofencing membantu untuk memantau pergerakan kendaraan truk yang mencurigakan, apakah itu berkeliaran diluar wilayah yang ditentukan atau digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Notifikasi peringatan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan untuk menghubungi pengemudi guna menentukan apakah mereka membutuhkan bantuan, dan jika memang demikian, berikan live location kepada pihak berwenang yang merespon.
  • Meningkatkan Efisiensi dan Kinerja Bisnis
Semua data yang diberikan oleh geofencing sangatlah berguna untuk informasi kinerja dari armada. Apalagi jika digabungkan dengan informasi yang diberikan oleh perangkat GPS. gabungan data tersebut mendapatkan efisiensi dalam kinerja bisnis dan untuk upaya perbaikan dan peningkatan kinerja

Bagaimana Cara Menerapkan Geofencing pada Armada

Sistem perangkat lunak manajemen armada pada karlo.id akan memberikan kemampuan untuk menggunakan geofencing. Anda mendapatkan rute wilayah untuk pengemudi dan kemudian dapat memantau secara realtime, dengan peringatan yang dikirimkan secara langsung kepada Anda bila melakukan kesalahan di luar dari aturan geofencing.

Ini memberikan umpan balik kepada pengemudi tentang perilaku pengemudi, keselamatannya dan penggunaan kendaraan. Ini merupakan metode terbaik untuk memantau kinerja armada, dengan menjaga keamanan, dan meningkatkan produktivitas. Sistem Karlo mengkombinasi geofencing dengan perangkat GPS dan pembaruan status manual pengemudi. Dengan itu pengiriman yang dilakukan oleh pengemudi lebih terkontrol.
Jangan sia-siakan kesempatan ini, untuk memanfaatkan geofencing dihadirkan dalam aplikasi kami.

Kesimpulan

Salah satu metode yang dapat dilakukan manajemen armada adalah menggunakan sistem geofencing yang didapatkan pada aplikasi Karlo. Geofencing merupakan alat yang paling berharga bagi perusahaan logistik untuk melacak semua kendaraan yang dimiliki oleh armada truk. Anda dapat melacak dan melakukan peristiwa di sekitarnya seperti notifikasi push seluler, memicu peringatan, memudahkan pelacakan kendaraan armada, waktu masuk & keluar, perilaku pengemudi dan masih banyak lainnya pada daerah geofencing. Peranan geofencing untuk manajemen armada Dengan menggunakan geofencing yang berbasis GPS dapat memberikan banyak keuntungan signifikan dengan memberikan transparansi kepada manajer armada, efisiensi operasional, dan dapat meningkatkan keamanan ketika pengiriman barang. Geofencing membantu untuk memantau pergerakan kendaraan truk yang mencurigakan, apakah itu berkeliaran diluar wilayah yang ditentukan atau digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Notifikasi peringatan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan untuk menghubungi pengemudi guna menentukan apakah mereka membutuhkan bantuan, dan jika memang demikian, berikan live location kepada pihak berwenang yang merespon. Anda mendapatkan rute wilayah untuk pengemudi dan kemudian dapat memantau secara realtime, dengan peringatan yang dikirimkan secara langsung kepada Anda bila melakukan kesalahan di luar dari aturan geofencing.
top